Meranti dan Sekitarnya

Data CPNS Kepulauan Meranti Simpang Siur

Merantinewstoday.com, Selatpanjang - Sebanyak 6.644 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lolos seleksi administrasi yang diumumkan, Sabtu (12/10) lalu. Berdasarkan data dari Badan Kegewaian Daerah (BKD) Kabupaten Meranti, tercatat sekitar 11 ribu lebih pelamar yang telah mengirim berkas.
Diakui Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti, Drs H Iqaruddin terkait data jumlah pelamar CPNS di Kepulauan Meranti itu bahwa panitia memiliki keterbatasan waktu dalam proses seleksi berkas administrasi yang cukup banyak itu.


“Data jumlah berkas lamaran yang masuk beda, di Dinsosnaker beda, di Kantor Pos lain lagi, di BKPP juga lain. Itulah yang saya tidak tahu pasti jumlahnya,” ujar Iqaruddin.



Saat ditanya apakah bisa pelamar mengaku atas kekurangan lamaran sehingga tidak lolos seleksi admistrasi, jawab Iqaruddin, hal itu tergantung waktu proses rekrutmen CPNS yang tersedia. “Sebenarnya tidak ada ruang (untuk mengkonfirmasi kelemahan berkas, red), tetapi kita tengok saja nanti kalau sekiranya ada waktu bisa dipertimbangkan. Datang saja pada hari Rabu nanti ke BKPP untuk menanyakan itu kepada Panitia,” ucapnya.



Simpang siurnya data jumlah pelamar CPNS Kepulauan Meranti, sudah dirasakan sejak tahap pengajuan berkas lamaran CPNS di Kantor Pos Cabang Selatpanjang. Jika sebelumnya Kepala Dinsosnakertrans mengaku mencatat sekitar 12 ribu lebih pemohon kartu pencari kerja (AK1), termasuk dari lulusan SLTA untuk keperluan lain. Sedangkan di Kantor Pos Cabang Selatpanjang tercatat jumlah pelamar CPNS lebih dari 10.600 berkas.“Panitia ada mencatat kelemahan pada berkas pelamar yang tidak lulus seleksi administrasi itu. Tapi kalau kita buka lagi tentunya tidak terlayani yang tidak lulus sebanyak itu. Panitia terbatas waktu dan kemampuan. Jam kerja sampai malam, subuh, ada juga yang ngantuk,” kata Sekda.



Dari pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS nomor 800/BKPP/2013/0305 yang ditempelkan Panitia di sejumlah Kantor SKPD dan ditampilkan pada website Pemkab Kepulauan Meranti, www.merantikab.go.id, dirincikan jumlah pelamar yang lulus seleksi administrasi formasi tenaga guru berjumlah 1.377 orang, formasi tenaga kesehatan 1.467 orang dan formasi tenaga teknis berjumlah 3.800 orang. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi diminta mencatat nomor kelulusan, kualifikasi pendidikan dan jabatan yang dilamar, untuk mempermudah pengambilan nomor peserta Tes Kompetensi Dasar, dengan tidak mewakilkan pengambilan nomor peserta tes itu kepada orang lain.



Saat pengambilan nomor tes dilakukan, calon peserta diwajibkan membawa sejumlah dokumen asli, antara lain, Kartu Tanda Penduduk, Ijazah, Transkrip Nilai dan Surat Keterangan lainnya yang dipersyaratkan seperti STR, SIP, SIB, serta Surat Keputusan penetapan dan penyetaraan hasil penilaian Ijazah lulusan perguruan tinggi negeri dari Dirjen Dikti Kemendiknas, bagi jabatan yang dipersyaratkan. “Pengambilan nomor tes peserta dilakukan mulai tanggal 28 sampai 30 Oktober 2013. Untuk tenaga guru diambil di Dinsosnakertrans, tenaga kesehatan diambil di Kantor BKPP dan tenaga teknis diambil di Aula RSUD Selatpanjang. Pelamar yang dinyatakan lulus administrasi, namun tidak mengambil nomor peserta sampai batas waktu yang ditentukan, dianggap mengundurkan diri,” jelasnya.



Diterangkan juga, jadwal Tes Kompetensi Dasar pelamar CPNS akan diselenggarakan pada hari Minggu tanggal 3 November 2013, mulai pukul 07.30 Wib sampai dengan selesai. Peserta diminta berpakaian baju putih dan celana atau rok warna gelap, serta membawa asli kartu peserta tes, pensil 2B, karet penghapus, papan alas dan peraut. Sedangkan tempat tes akan ditentukan kemudian.

Sumber : Inilah.com