Nasional

UR Bertengger Diperingkat 49, UIN Suska Riau Malah Tak Dapat Ruang



Illustrasi
Pekanbaru - Diawal tahun 2014 ini, www.4ICU.org salah satu situs yang selalu meninjau peringkat Universitas di Dunia setiap tahunnya, 20 Januari yang lalu melalui akun twitternya, 4icu mengumumkan bahwa mereka telah melakukan update peringkat/rangking Universitas di dunia tahun 2014.

Seperti yang telah pernah dijelaskan pada Ranking Universitas di Indonesia 2013 lalu, 4icu memeringkatkan setiap universitas berdasarkan peringkat website yang berdasarkan pada algoritma termasuk lima independen metrik web objektif yang  diekstrak dari tiga mesin pencari yang berbeda:
-          Google Page Rank
-          Alexa Traffic Rank
-          Majestic Seo Referring Domains
-          Majestic Seo Citation Flow
-          Majestic Seo Trust Flow
Tahun ini posisi Univeritas Gadjah Mada Yogyakarta digeser oleh Institut Teknologi Bandung pada Peringkat Pertama, Sementara itu Universitas Indonesia masih tetap bercokol pada peringkat ke-3 sama seperti pada tahun 2014 disusul dengan universitas brawijaya malang.

Di Riau Universitas Riau (UR) Bertengger di peringkat 49 universitas terbaik di Indonesia, menyusul di belakang ada Universitas Islam Riau (UIR) peringkat ke 158, Universitas Abdurrab peringkat ke 161, Universitas Muhammadiyah Riau peringkat ke 208, dan Universitas Lancang Kuning peringkat ke 309. Sedangkan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN SUSKA) yang di gadang-gadangkan menjadi Universitas kelas dunia tak dapat posisi ruang sedikitpun dari 385 universitas yang dilansir.

Sementara itu di tingkat Asia tercatat ada 3 Universitas yang mampu menembus peringkat 100 Universitas di wilayah ASIA, yaitu Institut Teknologi Bandung (Peringkat 27), Universitas Gadjah Mada (Peringkat 42) Universitas Indonesia (Peringkat 92).